Rabu, 30 Juli 2008

Ibu 4give me

Hari ini seperti biasa aktivitasqu mengajar sampe sore...yap, semester ini aq kebagian jadwal sore truz nih.. :( "afternoon specialist " bgtu tmen2 menyebutnya.. aq jarang kLiatan pagi hari d sKul.. ya iya lah.. ngapain jg pagi2 dah nongkrong d skull.. wong ngjarnya jam 13.15 - 18.10 WIB hihihi.... rajin bget deh klo dtg pagi2 cm tuk tE Pe 2x doang... kebayang gak sih capeknya...??!! yg laen sore2 gtu mah lagi pada istirahat d rumah...

Mungkin masih dalam proses adaptasi... so..,aq lom bs enjoy... soalnya smster lalu ngajar pagi mulu... mana d pekanbaru lg krisis listrik, tiap hari pasti mati lampu...sedang smgat2nya ngajar... eh mati lampu... wah, suntuk.. BT bget!!


Mewakili penyesalan yang mendalam atas "kekhilafanqu pada IBU" aq mau posting cerita semangkuk bakmi... mungkin teman2 sudah tau,, tp buat yang blom pernah denger, aq critain lagi ya... begini ceritanya.....

Semangkuk Bakmi Panas

Pada malam itu, Ana bertengkar dengan ibunya. Karena sangat marah, Ana segera meninggalkan rumah tanpa membawa apapun. Saat berjalan di suatu jalan, ia baru menyadari bahwa ia sama sekali tdk membawa uang.

Saat menyusuri sebuah jalan, ia melewati sebuah kedai bakmi dan ia mencium harumnya aroma masakan. Ia ingin sekali memesan
semangkuk bakmi, tetapi ia tdk mempunyai uang.

Pemilik kedai melihat Ana berdiri cukup lama di depan kedainya, lalu berkata “Nona, apakah engkau ingin memesan semangkuk bakmi?” ” Ya, tetapi, aku tdk membawa uang” jawab Ana dengan malu-malu
“Tidak apa-apa, aku akan mentraktirmu” jawab si pemilik kedai. “Silahkan duduk, aku akan memasakkan bakmi untukmu”.

Tidak lama kemudian, pemilik kedai itu mengantarkan semangkuk bakmi. Ana segera makan beberapa suap, kemudian air matanya mulai berlinang. “Ada apa nona?” Tanya si pemilik kedai. “tidak apa-apa” aku hanya terharu jawab Ana sambil mengeringkan air matanya.

“Bahkan, seorang yang baru kukenal pun memberi aku semangkuk bakmi !, tetapi,? ibuku sendiri, setelah bertengkar denganku, mengusirku dari rumah dan mengatakan kepadaku agar jangan kembali lagi ke rumah”
“Kau, seorang yang baru kukenal, tetapi begitu peduli denganku dibandingkan dengan ibu kandungku sendiri” katanya kepada pemilik kedai.

Pemilik kedai itu setelah mendengar perkataan Ana, menarik nafas panjang dan berkata “Nona mengapa kau berpikir seperti itu? Renungkanlah hal ini, aku hanya memberimu semangkuk bakmi dan kau begitu terharu. Ibumu telah memasak bakmi dan nasi untukmu saat kau kecil sampai saat ini, mengapa kau tidak berterima kasih kepadanya? Dan kau malah bertengkar dengannya”

Ana, terhenyak mendengar hal tsb. “Mengapa aku tdk berpikir ttg hal tsb? Utk semangkuk bakmi dr org yg baru kukenal, aku begitu berterima kasih, tetapi kepada ibuku yg memasak untukku selama bertahun-tahun, aku bahkan tidak memperlihatkan kepedulianku kepadanya. Dan hanya karena persoalan sepele, aku bertengkar dengannya.

Ana, segera menghabiskan bakminya, lalu ia menguatkan dirinya untuk segera pulang ke rumahnya. Saat berjalan ke rumah, ia memikirkan kata-kata yg hrs diucapkan kpd ibunya. Begitu sampai di ambang pintu rumah, ia melihat ibunya dengan wajah letih dan cemas. Ketika bertemu dengan Ana, kalimat pertama yang keluar dari mulutnya adalah “Ana kau sudah pulang, cepat masuklah, aku telah menyiapkan makan malam dan makanlah dahulu sebelum kau tidur, makanan akan menjadi dingin jika kau tdk memakannya sekarang”. Pada saat itu Ana tdk dapat menahan tangisnya dan ia menangis dihadapan ibunya.

Sekali waktu, qt mungkin akan sangat berterima kasih kpd org lain disekitar qt untuk suatu pertolongan kecil yang diberikan kepada qt. Tetapi kpd org yang sangat dekat dengan qt (keluarga) khususnya orang tua, qt harus ingat untuk berterima kasih kepada mereka seumur hidup...!!!

RENUNGAN:

BAGAIMANAPUN KITA TIDAK BOLEH MELUPAKAN JASA ORANG TUA KITA.
SERINGKALI KITA MENGANGGAP PENGORBANAN MEREKA MERUPAKAN SUATU PROSES ALAMI YANG BIASA SAJA; TETAPI KASIH SAYANG DAN KEPEDULIAN ORANG TUA KITA ADALAH HADIAH PALING BERHARGA YANG DIBERIKAN KEPADA KITA SEJAK KITA LAHIR.Yuk,,,lebih menyayangi orang tua qt lagi...

cerita ini aq sadur dr motivasi web

Oh ibu…kini air mataku berlinang
Rindu belai kasih sayangmu...

Ibu....

sekarang aku menyayangimu untuk besok melukaimu kembali…
sekarang aku mencintaimu untuk besok menyakitimu kembali…
Sungguh aku berterima kasih atas pintu maaf yg selalu kau beri tanpa kupinta sekalipun...Terima kasih..., maafkan aq wahai ibu...,baktiku kepadamu belum seberapa dibanding pengorbananmu..cukuplah surga sebagai balasannya, semoga doamu selalu menyertai langkah2ku... Amin!!




Kamis, 24 Juli 2008

Sifat Kepiting

Mr. Crab

Pernahkah kamu melihat kegiatan nelayan pada malam hari di tepi pantai? para nelayan sedang melakukan kegiatan menangkap kepiting yang biasanya keluar dari sarang mereka di malam hari. Kepiting-kepiting yang ditangkap oleh nelayan, sebagian kecil akan menjadi lauk santapan s'keluarga, s'bagian besar akan di bawa ke pengumpul atau langsung ke pasar untuk di jual.

Para nelayan itu memasukkan semua kepiting hasil tangkapan mereka ke dalam baskom terbuka. Menariknya, baskom tersebut tidak perlu diberi penutup untuk mencegah kepiting meloloskan diri dari situ. Ada yang menarik dari tingkah laku kepiting-kepiting yang tertangkap itu. Mereka sekuat tenaga selalu berusaha keluar dengan menggunakan capit-capitnya yang kuat, tetapi jika ada seekor kepiting yang nyaris meloloskan diri keluar dari baskom, teman-temannya pasti akan berusaha keras menarik kembali ke dasar baskom. Begitulah seterusnya, sehingga akhirnya tidak ada seekor kepiting pun yang berhasil kabur dari baskom. Sebab itulah para nelayan tidak membutuhkan penutup untuk mencegah kepiting keluar dari baskom. Dan kemudian mati hidupnya si kepiting pun ditentukan keesokan harinya oleh si nelayan.

Sungguh menarik kisah dari sifat kepiting tadi, mengingatkan kita pada kehidupan manusia. Kadang tanpa disadari, manusia bertingkah laku seperti kepiting di dalam baskom. Saat ada seorang teman berhasil mendaki ke atas atau berhasil mencapai sebuah prestasi, yang seharusnya kita ikut berbahagia dengan keberhasilan itu, tetapi tanpa sadar, kita justru merasa iri, dengki, marah, tidak senang, atau malahan berusaha menarik atau menjatuhkan kembali ke bawah. Apalagi dalam bisnis atau bidang lain yang mengandung unsur kompetisi, sifat iri, tidak mau kalah akan semakin nyata dan bila tidak segera kita sadari, kita telah menjadi monster, mahluk yang menakutkan yang akhirnya akan membunuh hati nurani kita sendiri.

Gelagat manusia" yang mempunyai sifat seperti halnya sifat kepiting yaitu :
1. Selalu sibuk merintangi orang lain yang akan menuju sukses sehingga lupa berusaha untuk memajukan diri sendiri.
2. selalu mencari dan menyalahkan pihak di luar dirinya

Haruznya Qt tuw.... Gak perlu cemas dengan keberhasilan orang lain, gak perlu menyimpan iri hati apalagi tindakan yang bermaksud menghalangi teman atau orang lain agar mereka gak maju. Buang pikiran negatif seperti itu ya!

Karena sesungguhnya, di dalam persaingan bisnis atau persaingan di bidang apa pun, tidak peduli berakhir dengan kemenangan atau kekalahan, masing-masing dari qt mempunyai hak untuk sukses!

dari pada punya niat menghalangi atau menjatuhkan orang lain, jauh lebih penting.. qt siap berjuang, sejauh mana qt sendiri mengembangkan kemampuan dan potensi diri qt seutuhnya. Sehingga hasil yang akan kita capaipun akan maksimal dan membanggakan! tuL gak..??


yah.. sMoga aja qt gak termasuk orang" yang memiliki sifat sperti itu ya,,, zodiac bole berlambang kepiting... tapi sifat jLexnya kepiting...??! iihh, OooogaaaaaaHhh....!!! hehe.. CHAYO

Sumber : Andrie Wongso

Sabtu, 19 Juli 2008

Happinees

Buat yang sedang mencari kebahagian..
ato barangkali telah Lelah mencari..

Mencari kebahagiaan adalah layaknya menangkap kupu-kupu. Sulit, bagi mereka yang terlalu bernafsu, namun mudah, bagi mereka yang tahu apa yang mereka cari. Kita mungkin dapat mencarinya dengan menerjang dan menerobos sana-sini untuk mendapatkannya. Kita dapat saja mengejarnya dengan berlari kencang, ke seluruh penjuru arah. Kita pun dapat meraihnya dengan bernafsu, seperti menangkap buruan yang dapat kita santap setelah mendapatkannya. Namun kita belajar. Kita belajar bahawa kebahagiaan tidak boleh di dapat dengan cara-cara seperti itu. Kita belajar bahawa bahagia bukanlah sesuatu yang dapat di genggam atau benda yang dapat disimpan. Bahagia adalah udara, dan kebahagiaan adalah aroma dari udara itu. Kita belajar bahawa bahagia itu memang ada dalam hati.

Semakin kita mengejarnya, semakin pula kebahagiaan itu akan pergi dari kita. Semakin kita berusaha meraihnya, semakin pula kebahagiaan itu akan menjauh.

Cobalah temukan kebahagiaan itu dalam hatimu. Biarkanlah rasa itu menetap, dan abadi dalam hati kita. Temukanlah kebahagiaan itu dalam setiap langkah yang kita lakukan. Dalam bekerja, dalam belajar, dalam menjalani hidup kita. Dalam sedih, dalam gembira, dalam sunyi dan dalam riuh. Temukanlah bahagia itu, dengan perlahan, dalam tenang, dalam ketulusan hati kita
Dan pada akhirnya aq percaya, bahagia itu ada dimana-mana. Rasa itu ada di sekitar kita. Bahkan mungkin, bahagia itu "hinggap" di hati kita, namun kita tidak pernah memperdulikannya. Mungkin juga, bahagia itu berterbangan di sekeliling kita, namun kita terlalu acuh untuk menikmatinya.

Choice

Pernah denger kata" seperti ini..??

The destiny is not a matter to be waiting for
but it's a matter to be achieve
its not a matter of chance
but it's a matter of our choice..

Allah SWT memberi kesempatan untuk menjalani setiap detik dalam hidup kita dengan pilihan. Dari bangun tidur, sampai kita tidur lagi, kita dapat memilih.

Begitu bangun di pagi hari, kamu dapat memilih untuk langsung bangun dan beraktifitas, atau memilih untuk bermalas-malasan di tempat tidur. Di pagi hari, kamu dapat memilih untuk menyapa anak, istri (buat yang sdh b'keluarga) ato orang2 yang ada di rumah dengan semangat dan senyuman, atau cemberut dan mengomel bahwa kamu kesiangan, sambil sarapan, kamu dapat memilih untuk berbicara dengan penghuni drumah ato membaca berita buruk di koran, atau nonton gossip artis di TV. Di kantor, kamu dapat memilih untuk memulai menyelesaikan pekerjaan, ato sekedar chatting dengan teman-teman di kantor lain, hehehe kykna pengalaman pribadi ne..Dan seterusnya. Pendek kata: kamu memiliki pilihan.


Dahsyatnya kekuatan pilihan, dapat kamu lihat dari kehidupan orang-orang sukses.

Entah bagaimana wajah industri software komputer saat ini, kalau saja Bill Gates memilih untuk melanjutkan kuliah dan membuang mimpinya merintis perusahaan perangkat lunak bersama Paul Allen. Mungkin tim balap Formula 1 dan produsen mobil sport terkemuka Ferrari tidak akan pernah ada, kalau saja Enzo Ferrari memilih untuk cukup puas menjadi karyawan Alfa Romeo. Lalu apakah dengan demikian kita harus menunggu untuk membuat sebuah keputusan besar? Tidak. Mereka tidak serta merta membuat sebuah keputusan besar. Namun melalui hidupnya dengan pilihan-pilihan kecil yang membentuk keputusan besar mereka di kemudian hari. Bill Gates tidak serta merta memutuskan untuk mendirikan Microsoft. Namun jauh sebelumnya, Gates muda telah memilih untuk mengikuti “ekskul” komputer di SMA nya. Memilih untuk “hang out” dengan Paul Allen dan kawan-kawan untuk mengutak-atik program komputer, memilih untuk berbisnis di usia muda dengan membuatkan program untuk produsen Altair, kemudian IBM PC, dan seterusnya. Pilihan-pilihan kecil yang kemudian membentuk seluruh hidupnya

Setiap detik adalah pilihan. Dan setiap pilihan, sekecil apapun, menentukan masa depan kita. Namun, apakah kita sudah benar-benar memahami bagaimana caranya memilih?
Sebagai contoh, ketika ada peluang usaha ditawarkan kepada kita, apakah kita memilih untuk serta merta menolak, atau mencoba mempelajarinya dahulu? Di sebuah acara formal, ketika kita melihat ada orang yang dapat memberikan pengaruh positif kepada kita, apakah kita memilih untuk berkenalan, atau malah menunduk malu dan menghindar? Ketika anak kita tidak mengikuti kemauan kita, apakah akan kita hardik dengan amarah, atau coba ajak bicara? Pilihan-pilihan kecil. Namun bisa berdampak besar.


Ya, tapi bagaimana cara memilih? Mengapa kita sering ada dalam situasi yang sepertinya “salah pilih”.


Apakah ada teknik untuk membantu dalam memilih? ADA...


Salah satunya yang sangat efektif

Dan digunakan di banyak bidang kehidupan adalah

teknik H-O-W yang diajarkan oleh

David Freemantle dalam buku-nya

“How to Choose”.


Teknik H-O-W ini terdiri dari tiga bagian:

1. Hesitate (Pertimbangan) Langkah pertama adalah untuk selalu melakukan pertimbangan sebelum kamu memberikan reaksi. Melakukan pertimbangan berarti tidak memberikan reaksi spontan yang seringkali hanya didorong emosi. Contohnya ketika seseorang melakukan sebuah kesalahan fatal yang merugikan kamu, apakah yang akan kamu lakukan: memaki, menampar atau bersabar sambil mengurut dada. Pertimbangkanlah. kamu punya pilihan. Diamlah sejenak, untuk masuk ke tahap memilih berikutnya.

2. Outcomes (Hasil) Sudahkah kamu memikirkan hasil yang akan kamu peroleh. Dan yang lebih penting lagi, hasil apakah yang kamu inginkan dari pilihan yang akan kamu ambil?
buat yang sudah punya anak, Ketika raport anak Anda di sekolah demikian jeleknya, mungkin Anda ingin memarahi Anak Anda habis-habisan hingga ia menangis, terluka hatinya, dan hilang rasa percaya dirinya. Itukah hasil yang Anda inginkan? Atau Anda menginginkan anak yang bahagia, optimis, percaya diri, dan buahnya nanti adalah prestasi yang baik? Pikirkan dulu hasilnya, sehingga Anda dapat masuk ke tahap memilih yang ketiga.

3. Ways (Cara) Kalau sudah ketahuan hasilnya, Anda bisa memperluas pemikiran Anda ke cara-cara yang dapat Anda tempuh. Jika hasil yang ingin dicapai adalah anak yang sehat lahir batin, bahagia, optimis, bertanggung-jawab dan percaya diri, maka mungkin Anda bisa mulai memberi kepercayaan, tanggung-jawab dan bimbingan bagi anak anda.

Tapi hidup adalah pilihan. Menerapkan teknik ini atau tidak, adalah pilihan Anda.
Selamat membuat pilihan yang lebih baik. hehehe...

Rabu, 16 Juli 2008

bez day

Ohisashiburi, Konnichiwa smua...??
Bilingual deh (Lama gak jumpa... Apa kabar sMua...??

Gak terasa... sudah 2 mggu lebih aq d usia yg baru,,,
yupz... dah 25 taon bo'....1/4 abad,,gile!!?? dah gk muda lagi ternyata...

Entah berapa lama lagi waktuku tersisa untuk menjalani hidup, Waullahu'alam. . tp yang jLas aq bersyukur bged, Allah masih memberi q kesempatan menghirup udara hari ini, kesempatan untuk belajar dan terus belajar tentang arti hidup, kesempatan untuk menyayangi orang tua, saudara, dan sesama, kesempatan untuk mengenal banyak orang... etc

aq pengen bisa mjalani hdup yg lebih berkualitas, smoga tahun ini dipermudah semua urusan oleh Allah SWT, di murahkan 'n diberi rezki yang barokah, segera dipertemukan dengan jodoh yang baik dan amanah..,agar bisa segera menyempurnakan separuh agama. Amin..!!!
bnyak planning yg sudah dbuat,salah satunya aq ingin sgera mnyelesaikan study q yang spi hr ini gak jelas bgmna nasibnya. yah smoga.. bs memanage waktu dengan lebih baiklah...

to be old is everyone's destiny, but to be mature is everyone's choice..
may Allah strengthen to lead a better life..Amiiiin

Skrg aq mo posting tentang b'dayna my mommy dlu ne.. tepatnya 07-07-2008, my mom.. yg biasa qm pgil dgn "ibu" berulang tahun.. gak ada party" tuk ngrayain bez day ibu kali ini... hehe (mang dlu2 pernah ngadain party..??) only kumpul n makan" bareng keluarga,, anak", menantu n cucu.. ibu bahagia bget loh.. maen ma cucunya yg baru 1 itu,, aci namanya.. lama gak jumpa ma aci.. dah tambah pinter aja tuw cucu nenek.. dah bisa nyanyi pelangi", balonku ada 5.., naik" k puncak gunung.. etc.. khdiran aci jd hiburan tersendiri buat nenek labor n nek uyank.. maklum,, drmh skrg lg sepiii... bget! smga de,, aci sgera pnya ade'.. truz maz koko n mbak mel's jg.. biar rumah qt jd rame.. Amin!

SLmat Ulang Tahun Mom.. Qm smua myayangimu..

Nah ini dia ponakan Q.. NgeGemesin bget kan.. pipinya chubby, mirip ma ante nya .. hehehe..

Rabu, 02 Juli 2008

Bismillahirrohmanirrohim...

Waaa... aKhirnya,,,!!
dah Lama.. bged p9en nGebloq
tapi baru kesampean sKrang,,, (alhamdllh) ^_^
sMoga ne bloq bs ke uruz..
biz na blakangan ne sring sok sibuk gtu sih...
hehehe.. demi mencari sesuap nasi... cie,,, gayanya!!!
yang laen lg asyik-asyiknya Libur,,, diriku malah sbuk ma gawean+deadLine

Silahkan sering2 mampir ya,, gak dipungut bayaran kok..^o^
matur tHank U....