Kamis, 24 Juli 2008

Sifat Kepiting

Mr. Crab

Pernahkah kamu melihat kegiatan nelayan pada malam hari di tepi pantai? para nelayan sedang melakukan kegiatan menangkap kepiting yang biasanya keluar dari sarang mereka di malam hari. Kepiting-kepiting yang ditangkap oleh nelayan, sebagian kecil akan menjadi lauk santapan s'keluarga, s'bagian besar akan di bawa ke pengumpul atau langsung ke pasar untuk di jual.

Para nelayan itu memasukkan semua kepiting hasil tangkapan mereka ke dalam baskom terbuka. Menariknya, baskom tersebut tidak perlu diberi penutup untuk mencegah kepiting meloloskan diri dari situ. Ada yang menarik dari tingkah laku kepiting-kepiting yang tertangkap itu. Mereka sekuat tenaga selalu berusaha keluar dengan menggunakan capit-capitnya yang kuat, tetapi jika ada seekor kepiting yang nyaris meloloskan diri keluar dari baskom, teman-temannya pasti akan berusaha keras menarik kembali ke dasar baskom. Begitulah seterusnya, sehingga akhirnya tidak ada seekor kepiting pun yang berhasil kabur dari baskom. Sebab itulah para nelayan tidak membutuhkan penutup untuk mencegah kepiting keluar dari baskom. Dan kemudian mati hidupnya si kepiting pun ditentukan keesokan harinya oleh si nelayan.

Sungguh menarik kisah dari sifat kepiting tadi, mengingatkan kita pada kehidupan manusia. Kadang tanpa disadari, manusia bertingkah laku seperti kepiting di dalam baskom. Saat ada seorang teman berhasil mendaki ke atas atau berhasil mencapai sebuah prestasi, yang seharusnya kita ikut berbahagia dengan keberhasilan itu, tetapi tanpa sadar, kita justru merasa iri, dengki, marah, tidak senang, atau malahan berusaha menarik atau menjatuhkan kembali ke bawah. Apalagi dalam bisnis atau bidang lain yang mengandung unsur kompetisi, sifat iri, tidak mau kalah akan semakin nyata dan bila tidak segera kita sadari, kita telah menjadi monster, mahluk yang menakutkan yang akhirnya akan membunuh hati nurani kita sendiri.

Gelagat manusia" yang mempunyai sifat seperti halnya sifat kepiting yaitu :
1. Selalu sibuk merintangi orang lain yang akan menuju sukses sehingga lupa berusaha untuk memajukan diri sendiri.
2. selalu mencari dan menyalahkan pihak di luar dirinya

Haruznya Qt tuw.... Gak perlu cemas dengan keberhasilan orang lain, gak perlu menyimpan iri hati apalagi tindakan yang bermaksud menghalangi teman atau orang lain agar mereka gak maju. Buang pikiran negatif seperti itu ya!

Karena sesungguhnya, di dalam persaingan bisnis atau persaingan di bidang apa pun, tidak peduli berakhir dengan kemenangan atau kekalahan, masing-masing dari qt mempunyai hak untuk sukses!

dari pada punya niat menghalangi atau menjatuhkan orang lain, jauh lebih penting.. qt siap berjuang, sejauh mana qt sendiri mengembangkan kemampuan dan potensi diri qt seutuhnya. Sehingga hasil yang akan kita capaipun akan maksimal dan membanggakan! tuL gak..??


yah.. sMoga aja qt gak termasuk orang" yang memiliki sifat sperti itu ya,,, zodiac bole berlambang kepiting... tapi sifat jLexnya kepiting...??! iihh, OooogaaaaaaHhh....!!! hehe.. CHAYO

Sumber : Andrie Wongso

0 komentar: