Sabtu, 06 Juni 2009

8 Jenis Kecerdasan Manusia

Menurut Prof. Howard Gardener seorang ahli riset dari Amerika, terdapat 8 jenis kecerdasan pada manusia, yaitu:


1. KECERDASAN LINGUISTIK
Kecerdasan linguistik adalah kemampuan untuk menggunakan kata-kata secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan. Kecerdasan ini mencakup kepekaan terhadap arti kata, urutan kata, suara, ritme dan intonasi dari kata yang di ucapkan. Termasuk kemampuan untuk mengerti kekuatan kata dalam mengubah kondisi pikiran dan menyampaikan informasi.


2. KECERDASAN LOGIK MATEMATIK
Kecerdasan logik matematik ialah kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah. Ia mampu memikirkan dan menyusun solusi (jalan keluar) dengan urutan yang logis (masuk akal). Ia suka angka, urutan, logika dan keteraturan. Ia mengerti pola hubungan, ia mampu melakukan proses berpikir deduktif dan induktif. Proses berpikir deduktif artinya cara berpikir dari hal-hal yang besar kepada hal-hal yang kecil. Proses berpikir induktif artinya cara berpikir dari hal-hal yang kecil kepada hal-hal yang besar.


3. KECERDASAN VISUAL DAN SPASIAL
Kecerdasan visual dan spasial adalah kemampuan untuk melihat dan mengamati dunia visual dan spasial secara akurat (cermat). Visual artinya gambar, spasial yaitu hal-hal yang berkenaan dengan ruang atau tempat. Kecerdasan ini melibatkan kesadaran akan warana, garis, bentuk, ruang, ukuran dan juga hubungan di antara elemen-elemen tersebut. Kecerdasan ini juga melibatkan kemampuan untuk melihat obyek dari berbagai sudut pandang.


4. KECERDASAN MUSIK
Kecerdasan musik adalah kemampuan untuk menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk dan mengekspresikan bentuk-bentuk musik. Kecerdasan ini meliputi kepekaan terhadap ritme, melodi dan timbre dari musik yang didengar. Musik mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan kemampuan matematika dan ilmu sains dalam diri seseorang.

Telah di teiliti di 17 negara terhadap kemampuan anak didik usia 14 tahun dalam bidang sains. Dalam penelitian itu ditemukan bahwa anak dari negara Belanda, Jepang dan Hongaria mempunyai prestasi tertinggi di dunia. Saat di teliti lebih mendalam ternyata ketiga negara ini memasukkan unsur ini ke dalam kurikulum mereka. Selain itu musik juga dapat menciptakan suasana yang rileks namun waspada, dapat membangkitkan semangat, merangsang kreativitas, kepekaan dan kemampuan berpikir. Belajar dengan menggunakan musik yang tepat akan sangat membantu kita dalam meningkatkan daya ingat.


5. KECERDASAN INTERPERSONAL
Kecerdasan interpersonal ialah kemampuan untuk mengamati dan mengerti maksud, motivasi dan perasaan orang lain. Peka pada ekpresi wajah, suara dan gerakan tubuh orang lain dan ia mampu memberikan respon secara efektif dalam berkomunikasi. Kecerdasan ini juga mampu untuk masuk ke dalam diri orang lain, mengerti dunia orang lain, mengerti pandangan, sikap orang lain dan umumnya dapat memimpin kelompok.


6. KECERDASAN INTRAPERSONAL
Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan yang berhubungan dengan kesadaran dan pengetahuan tentang diri sendiri. Dapat memahami kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Mampu memotivasi dirinya sendiri dan melakukan disiplin diri. Orang yang memilki kecerdasan ini sangat menghargai nilai (aturan-aturan) etika (sopan santun) dan moral.


7. KECERDASAN KINESTETIK
Kecerdasan kinestetik ialah kemampuan dalam menggunakan tubuh kita secara terampil untuk mengungkapkan ide, pemikiran dan perasaan. Kecerdasan ini juga meliputi keterampilan fisik dalam bidang koordinasi, keseimbangan, daya tahan, kekuatan, kelenturan dan kecepatan.


8. KECERDASAN NATURALIS
Kecerdasan naturalis adalah kemampuan untuk mengenali, membedakan, mengungkapkan dan membuat kategori terhadap apa yang di jumpai di alam maupun lingkungan. Intinya adalah kemampuan manusia untuk mengenali tanaman, hewan dan bagian lain dari alam semesta.


Nah... kira-kira kamu memiliki kecerdasan yang mana nih??

  • Salah satu dari 8 di atas
  • Semua jenis kecerdasan di atas, atau...
  • Tidak satupun dari 8 jenis kecerdasan di atas yang kamu miliki... (wah, klo yg ini PARAH banget dah!!) :P

14 komentar:

riosisemut mengatakan...

Kayaknxa smua ada pada diriku deh....

Semut emang cerdas.

rinduku mengatakan...

kecerdasan spiritual gak ada yah? :)

andie mengatakan...

bukannya sombong,
tapi kayaknya ada pada diriku semuanya deh.
beneran.
halah.

ari mengatakan...

waduh ari sendiri juga bingung termasuk yang mana ya (tears)

aguZ.prama mengatakan...

kok beda yak ama yang aku ketik di rental kemaren???

Alfi mengatakan...

law aq sich semuanya..
heheh...

afda mengatakan...

Cikgu,

Karena tidak ada satupun kriteria yang masuk di saya, kesimpulannya saya adalah orang gak cerdas Cikgu

Kalau gak cerdas kan gak apa-apa Cikgu, asal tetap beriman kan?

Imuz Corner mengatakan...

Good Article...

yak mengatakan...

mantap nih bu guru.....
maunya sih punya semua kecerdasan itu....
mungkinkah????

ane mw ngasih sesuatu buat bu guru, ambil ya bu.....

Aya mengatakan...

@ riosisemut, andie, Alfi..
yakin punya semua?? manteplah...
*perlu belajar ma suhu kayaknya neh*


@rinduku :
klo kecerdasan spiritual kayaknya itu spesialisnya mbak ade deh.. ;)
(emg mbak ade dukun hehe..)

@ ari :
sama neng, klo di suruh jawab.. u'r twin ini jg bingung. (kayaknya gak masuk kategori manapun deh) :P

@ aguZ.prama :
hmm, mom tau nih...
yg di ketik itu kinestetik.. dkk ya??

@ afda :
hehe, sama bang.. ati juga ;)
yang penting tetap beriman
hidup imon!! loh..loh..

@Imuz Corner :
only copas muz..
hehe

@ yak :
mungkinkah????
mungkin saja nak...

silahken bertanya pada suhu2 di atas..sip!

eh, makasih ewordnya loh..
tapi kapan majangnya ya..
*lirik setumpuk eword yg sudah mulai berdebu di lemari*
halah lebay...

hehe...

attayaya mengatakan...

lha ini seeeeh cerminan ayathie neh
bukan cerminan KONTES SEO BERTUAH
heheheheh

rama mengatakan...

antara no 6 dan 7,,

Anonim mengatakan...

klo aku antara no 6 dan 7fuln

文章 mengatakan...

AV 無碼 a片免費看 自拍貼圖 伊莉 成人電影 成人文學 言情小說 色情 080視訊聊天室 a片 A漫 麗的色遊戲 AV女優 SEX 正妹牆 ut聊天室 聊天室 情色小說 成人 18成人 嘟嘟成人網 aio交友愛情館 色情小說 色情網站 情色 成人圖片 成人文章 成人小說 成人漫畫 視訊聊天室 性愛 情色遊戲 美女寫真 亂倫 免費視訊聊天 免費影片 免費a片 女優 偷拍 美女 SEX avdvd 自拍 美女寫真 微風論壇 大陸新娘 遊學