Kamis, 07 Mei 2009

Foto Keluarga

XI GB 1 (-1 personil)

Photo ini diambil kurang lebih sebulan yang lalu, saat siswa kelas XII masih sibuk dengan serangkaian ujian, memang saat itu yang jadi prioritas utama di setiap skolahan adalah siswa yg akan *T.A.M.A.T* jadi kami punya kesempatan untuk sedikit rileks dari aktifitas belajar selama anak kelas XII Ujian Kompetensi, trus Ujian Praktek, lalu disusul UN dan UAS.
Daripada gak ada guru yg ngajar di kelas trus siswa jd rusuh minta ampun, karena kebanyakan siswa tidak mau mengerjakan tugas yang diberikan guru jika tidak didampingi oleh guru, sedangkan ada guru aja di kelas belom tau dia mau mengerjakan tugas, apalagi klo gak diawasi oleh gurunya!! yah..mending saya manfaatkan kesempatan yg ada untuk melakukan pembinaan...

Kebetulan saat ini saya diamanahi menghandle kelas XI GB 1 (wali kelas). sudah hampir 2 tahun saya mendampingi mereka, belakangan karena kesibukan Skripsi, mereka agak sedikit terabaikan.. (Maaf ya girls, son...)
Layaknya anak ayam yang kehilangan induknya... mereka jadi sulit untuk dikendalikan, susah diatur, mereka saling mengejek di kelas dengan
panggilan yg *tidak baik* misalnya ada salah seorang dr mereka yg tinggal di Kulim di beri gelar UBI, ada yg di panggil tempang, ada si Kabau ( aka Kerbau) yg paling parah mereka ejek2an nama orang tua!! hufh.. saya cukup kewalahan menangani kenakalan mereka... terbentuk kelompok2 kecil di kelas yg cuma 30 orang siswa itu, ada yg namanya Genk Semut yg isinya anak2 pinter dan rajin di kelas, ada juga genk ANDRA nah klo yg ini isinya anak2 gaol 'n narsis, ada jg kumpulan anak2 yg suka ngeband bareng... trus temen2 maen futsal bareng... intinya mereka cuma gaulnya dgn genk mereka aja, tapi yg lain gak mau tau!!
ada juga yg suka banget ngusilin dan membuat temen sekelas yg
ladies nangis!! OMG... perasaan saya juga dulu anak es te em deh.. tp gak separah ini banget!!

Awalnya sulit bagi saya menyatukan mereka, seringkali mereka cuma *terlihat* dikompak2an jika ada wali kelas saja... takut kena ceramah panjang lebar :D tapi setelah kami membuat semacam permainan yg bertujuan untuk mengetahui pendapat dr teman2 sekelas terhadap
sisi baik dari diri kita yang harus dipertahankan, dan sisi jelek yang harus dirubah, sedikit demi sedikit suasana kaku di kelas mulai mencair, semua warga kelas dapet giliran di nilai oleh temen2 sekelasnya... termasuk saya sebagai wali kelas... hohoho :P mau tau tanggapan mereka thdp saya seperti apa?? *to be continue*

Hari itu, kami sama sekali tidak mempelajari materi yg ada di kurikulum, kami belajar mengenal diri sendiri, belajar mengenal lingkungan dgn metode yang berbeda.. dan ternyata mereka menikmati, kemudian kami juga sempat nonton bareng *LASKAR PELANGI* dgn bantuan Infokus jurusan +speaker pinjaman tetangga sebelah, hehe... kami buat suasana kelas layaknya bioskop... lampu dipadamkan, gak bole berbicara... dan filmpun dimulai,,, (gak perlu ke twentiwan ternyata klo hanya untuk nonton bareng teman2 sekelas, hehe) dan sebelum kami bubar... saya berinisiatif untuk mengabadikan momen saat itu, dengan harapan semoga ke kompakan yg telah tercipta bisa bertahan untuk seterusnya. tak lupa sebelum foto bareng, kami salam2an saling minta maaf haha... *kayak lebaran aja* dan berjanji tidak akan saling mengejek, berusaha membuat suasana kelas yg kondusif dan nyaman untuk belajar.. memang tidak semudah membalikkan telapak tangan sih, kadang mereka masih suka kembali ke kebiasaan lamanya, tapi saya berusaha selalu mengingatkan... Judulnya sih Foto keluarga, tapi saya sebagai orang tua mereka disekolah gak masuk lensa, hehe... hmm,jadi inget waktu photo bareng ma rombongan Agus Pramana dkk dulu nih,dulu waktu 1st time dipanggil ibuk rasanya agak gemana gito, secara masih muda gini :D tapi skrg dah mulai terbiasa dgn panggilan ibuk, Mom, Bunda, Momy.. hehe,
*ternyata gini2...anak saya dah banyak yah!!* :P

Biasanya sebelum mulai masuk ke materi belajar saya selalu menarik perhatian mereka dgn bercerita didepan kelas, saya berharap mereka bisa lebih dekat secara emosional dgn saya, cerita2 tersebut saya ambil dari blog sahabat blogger, klo ada yang menarik,dan memotivasi pasti saya ceritakan kembali kepada anak didik saya... dan mereka jadi ketagihan, setiap mau mulai belajar selalu bilang "cerita dulu buk.."
kadang ada yg nyeletuk
"kapan kita nonton bareng lagi buk?" saya jawab : nanti..klo materi sudah habis dan waktu masih tersisa kita nonton bareng lagi ya, klo sekarang kita lebih banyak nonton daripada belajar, kita pindah jurusan aja deh klo gitu, bukan jurusan GB namanya tapi **perpileman** :D

~kurang kumplit~

Rencananya kami mau buat seragam kelas, ya..semacam komunitas kecil gitu deh... biar keliatan lebih kompak, anak2 yg mendesain gambarnya.. ada 3 orang yg saya tunjuk untuk mendesain, tapi karena satu dr mereka lagi sakit DBD dan di opname di RS. renc buat seragam kami pending dulu.. katanya nunggu temennya sembuh baru di putuskan design siapa akan dipakai, doakan saja ya teman...semoga cepat terealisasi... ^_^

6 komentar:

yak mengatakan...

walah....
curhatanny panjang bgd bu guru....
asik y klo kelasny kompak....
idup kompak...!!!!

Afda Rizki mengatakan...

Cikgu Yathie,

Pakabar nih? Enjoy your time becoming teacher? Jadi kurus gak yah ngurusin anak-anak STM eh SMK kaya gitu ?

Jangan bilang makin gemuk ya dek ! :)

rani juliani mengatakan...

wah keluarga besar ya..?
salam sukses aja selalu

あり mengatakan...

wahhhhhh, banyak amat bu anak didiknya :D, tugas yang mulai aya chan, semangat ya kita buat perubahan unuk negeri kita :) mulai dari yang kecil....

Aya mengatakan...

@ yak :
idup Kompak!! he he..

@ Afda Rizki :
eh ada bang afda, makasih kunjungannya bang..
^_^

@rani juliani :
Begitulah... kami memang keluarga besar... :)
jaga diri baek2 ran, kamu orang yg paling ngetop skrg nie he he.. ;)


@ あり :
ari... (cozy) senengnya ari bisa main kesini lagi, dah balik dr palu ta??
yup, setuju non.. mulai dr yg kecil, mulai dr diri sendiri dan mulai dr skrg.. *aa gym mode on*
he he..

ikhsanpunya mengatakan...

HUU...
KREN...
BUK TOP BGT DH...
BSA JD PANUTAN KMI...
HU...
BUK BGAY MNA Y CRA MMBAUR DNGN TMN2 YG LAIN...
ANE GAK BSA BUK...
ANE INGN GBUNG..
TAPI ANE MALU...
AND MINDER..
MKIN TMN2 LAIN BNYAK YG NYGKA SOMBNG...

HU BGAY MNA Y BUK...
PAKH BUK DA SOLUSI BWAT SYA...
DJWB Y BUKK....

HHUUUUU....