Senin, 15 Desember 2008

Hotel Kapsul

Kamu pernah dengar hotel kapsul (capsule hotel)?? yaitu sebuah hotel yang sedikit tidak manusiawi klo dilihat dari ukurannya, bayangkan saja... kamar hotel tersebut hanya berukuran 2 (P) x 1 (L) x 1 (T) m yang hanya cukup untuk tidur satu orang dan jangan berharap kamu bisa berdiri karena tingginya sendiri hanya 1 meter.

Ukurannya yang kecil tersebut memungkinkan pihak hotel untuk mempunyai banyak "kamar" dengan menyusunnya sampai 2 "kamar" yaitu atas dan bawah. Hotel ini hanya dapat ditemui di Jepang.


Di dalam kamar, kamu hanya bisa tidur saja sedangkan untuk mandi dan lainnya sudah disediakan tempat mandi umum. Juga jika kamu membawa barang bawaan yang cukup banyak, sudah disediakan loker yang juga digunakan untuk menyimpan sepatu dan lainnya.

Alasan seseorang menggunakan hotel kapsul ini kebanyakan karena mereka pulang larut malam dan tidak ada lagi kereta yang beroperasi pada jam tersebut. Dan hotel kapsul sendiri mempunyai rate yang cukup murah yaitu sekitar US$ 30 - 40 untuk satu malam

Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, hotel kapsul juga dijadikan salah satu pilihan bagi para turis dengan "kantong tipis". Perbedaan lainnya dibandingkan dengan hotel adalah waktu check-in mereka yang biasanya dimulai dari pukul 5 sore sedangkan untuk waktu check-out sendiri hampir sama yaitu jam 10 pagi. Apakah nyaman tinggal di hotel kapsul? Tentu tidak tetapi bagi sebagian orang, setidaknya hotel kapsul memberikan alternatif yang murah kepada mereka yang ketinggalan kereta. Toh, mereka juga hanya butuh tempat untuk tidur saja. Walapun kecil dan sedikit tidak manusiawi tetapi fasilitas hotel kapsul tidak kalah dengan hotel lainnya, di dalamnya ada TV, akses internert (baik melalui kabel LAN maupun Wireless), radio, jam dan lampu baca. Secara Jepang gituloh... semua berteknologi tinggi, termasuk hotel kapsul ini.

Bagaimana?? tertarik ingin mencoba tidur disana??
Sumber: disini dan disana

3 komentar:

nirmana mengatakan...

owh...dijepang ya? kirain di taman mini pa dimana gitu..., ya ya ya percaya negeri jepang memang heboh keunikannya! tapi ngomong2 40 dolar ya banyak klo ukuran kantoh rupiah.

あり mengatakan...

pengen banget aya chan, Japan is the best deh, ganbatte ne aya chan, keren2

Fina mengatakan...

em... pingin juga. kayaknya menyenangkan.... dari pada kemaleman trus tidur di terminal.... amit-amit deh. takut ada tupai lompat. hehehehe...